DaerahEkonomiLainnyaNews

BPJS Ketenagakerjaan telah berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membangun Hunian Griya Pekerja

ISU | INFOSUKABUMIUPDATE.COM – BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dalam pembangunan Griya Pekerja, sebuah tempat tinggal yang layak dan terjangkau bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk kerja sama ini dilakukan oleh Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, dan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, di Pusat Distribusi (PDP) Provinsi Jawa Barat pada hari Selasa, 18 Juli.

“Di hari ini, bersama Kang Emil, saya melakukan penandatangan MOU antara BPJS Ketenagakerjaan dan Pemprov Jabar. Kolaborasi ini bertujuan untuk menyediakan hunian bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam bentuk rusunawa, yang diberi nama Griya Pekerja,” ujar Anggoro.

Berikut adalah upaya-upaya yang akan dilakukan BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan pelayanan

  1. Pihak Anggoro berusaha untuk memberikan pelayanan optimal kepada peserta, termasuk Manfaat Layanan Tambahan, seperti kredit kepemilikan rumah dengan bunga yang terjangkau dan fasilitas Griya Pekerja dekat dengan kantor lokasi kerja.
  2. Griya Pekerja yang akan dibangun memiliki luas 4.820 meter persegi dan merupakan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menurut ujarannya.
  3. Tujuan dari pembangunan Griya Pekerja adalah untuk menyediakan kemudahan dan kesempatan bagi tenaga kerja agar dapat memperoleh fasilitas pemukiman yang memadai dan dekat dengan lokasi bekerja.
  4. Dengan dekatnya tempat tinggal menuju lokasi kerja, Anggoro berharap risiko seperti kecelakaan kerja dapat diminimalisir, sehingga pekerja dapat bekerja secara optimal, bekerja keras, dan bebas cemas, yang berujung pada peningkatan produktivitas dalam bekerja.
  5. Rencananya, Griya Pekerja akan dibangun setinggi 5 lantai dengan 150 unit serta dilengkapi berbagai fasilitas umum untuk mendukung kesejahteraan seluruh penghuninya.
  6. Lokasinya strategis, berdekatan dengan Kawasan Ekonomi Khusus Lido dan 16 perusahaan kategori skala besar.
  7. Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki 4 Griya Pekerja dengan total lebih dari 1.800 kamar di berbagai lokasi, termasuk Cikarang, Bumi Lancang Kuning Batam, Muka Kuning Batam, dan Kabil Batam.
  8. Kerja sama pembangunan Griya Pekerja ini diharapkan dapat membantu pihak Ridwan Kamil mencapai misi untuk melahirkan manusia yang produktif sekaligus mensejahterakan pekerja di wilayah Jawa Barat.
  9. Jawa Barat telah berhasil menurunkan angka kemiskinan terbaik di Pulau Jawa dalam beberapa tahun terakhir, menurut Ridwan Kamil.
  10. Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk mendukung program jaminan sosial ketenagakerjaan agar berjalan optimal di wilayah kerjanya, dibuktikan dengan terbitnya Perda Provinsi Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2023 yang mengatur mengoptimalkan perlindungan tenaga kerja melalui penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan.
  11. Bersama BPJS Ketenagakerjaan, mereka akan membangun Griya Pekerja di Bogor dan juga di Sukabumi menggunakan lahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
  12. Konsepnya mencakup rusun nempel ke pabrik di kawasan industri, yang diharapkan akan memberikan kesejahteraan luar biasa bagi Jawa Barat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button