Home

Harga Bus Listrik Dinilai Masih Mahal meski Disubsidi Pemerintah

JAKARTA, Infosukabumiupdate– Peneliti dari Forum Kebijakan Transportasi Lingkungan dan Energi Masyarakat Transportasi Indonesia Faris Adnan mengatakan, harga bus listrik masih terhitung mahal meski sudah dibantu dengan subsidi dari pemerintah. Faris mengatakan, berdasarkan data dari Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), harga bus listrik masih lebih mahal dibandingkan bus konvensional meski sudah dibantu dengan subsidi dari pemerintah. “Kalau kita lihat bedanya (harga bus listrik dan bus konvensional) sampai Rp 3 miliar,” kata Faris dalam Webinar “Strategi Sinkronisasi Penerapan Electric Vehicle (EV) dalam Ekosistem Transportasi Publik”, Rabu (14/6/2023).

Faris mengatakan, pengusaha di sektor jasa transportasi publik membutuhkan bantuan fiskal lainnya untuk memudahkan pembiayaan dan percepatan adopsi bus listrik. “Dengan disubsidi pun secara operasional masih perlu bantuan fiskal lainnya, dan ini belum termasuk instalasi charging,” ujarnya. “Dibutuhkan potongan PPN dari pemerintah sehingga diharapkan harga bus listrik bisa bersaing dengan bus konvensional,” sambungnya.

Senada dengan Faris, CEO & Founder of PT Chakra Giri Energi Indonesia Herman Huang mengatakan, pengusaha bus harus mengeluarkan dana yang besar untuk beralih menggunakan bus listrik. Karenanya, ia berharap pemerintah memberikan mekanisme khusus sehingga dapat membantu proses transisi dari bus konvensional menjadi bus listrik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button