DaerahKab SukabumiNews

Ketua DPRD Kab Sukabumi, Yudha Sukmagara memberikan tanggapannya mengenai kerusuhan Pawai karnaval di Sukabumi.

ISU | INFOSUKABUMIUPDATE.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara, akhirnya memberikan tanggapannya mengenai kerusuhan yang terjadi saat pawai karnaval untuk memeriahkan kelulusan siswa di salah satu Madrasah Diniyah (MD) di wilayah Desa Muara Dua, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Pawai Karnaval Kenaikan Kelas Merupakan Tradisi dan Budaya di Sukabumi

Yudha Sukmagara mengungkapkan bahwa pawai karnaval setelah pengumuman kenaikan kelas merupakan tradisi dan budaya yang kerap diadakan setiap tahun di Sukabumi. Namun, dia menyesalkan insiden kerusuhan yang terjadi dalam acara tersebut.

Yudha menyatakan bahwa panitia penyelenggara kegiatan pawai karnaval harus bertanggung jawab untuk menjaga jalannya acara dengan baik dan tidak mengganggu kepentingan umum, seperti kemacetan lalu lintas. Dia menekankan perlunya Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi untuk segera mengatur pelaksanaan kegiatan samenan tersebut agar tidak mengganggu ketertiban umum.

Meskipun pawai samenan merupakan bagian dari budaya untuk mengekspresikan kegembiraan siswa setelah mendapatkan pengumuman kelulusan atau kenaikan kelas, Yudha menegaskan bahwa kegiatan tersebut perlu diatur dengan baik, termasuk dengan penerbitan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan oleh pemerintah daerah.

Yudha juga mengimbau kepada masyarakat Sukabumi, terutama di Kecamatan Kadudampit, agar menjaga emosi dan kesantunan. Dia mengingatkan bahwa Sukabumi merupakan daerah dengan budaya yang santun dan masyarakatnya ramah. Dia berharap agar kekerasan dan tawuran dapat dihindari.

Dalam konteks kerusuhan pawai karnaval di Kadudampit, Yudha mengapresiasi upaya petugas Polri dan TNI yang telah berusaha menengahi permasalahan tersebut sehingga dapat diselesaikan secara damai.

Sumber : Dendi / Radar Sukabumi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button