Home

Pasukan AS menenggelamkan kapal ‘Houthi’ di Laut Merah setelah serangan terhadap kapal Maersk

INFOSUKABUMIUPDATE.com – Raksasa pelayaran global Maersk menghentikan operasinya di Laut Merah selama 48 jam setelah serangan itu.

Militer Amerika Serikat mengatakan mereka telah menenggelamkan tiga kapal yang melakukan serangan terhadap sebuah kapal kontainer di Laut Merah ketika mereka melanjutkan misi patrolinya untuk melawan ancaman dari pemberontak Houthi di Yaman.

Helikopter dari dua kapal perang AS – USS Eisenhower dan USS Gravely – menembaki “perahu kecil Houthi yang didukung Iran” sebagai pertahanan diri pada Minggu pagi saat menanggapi panggilan SOS dari kapal berbendera Singapura Maersk Hangzhou, Komando Pusat AS (CENTCOM) berkata. Helikopter AS menenggelamkan tiga kapal, menewaskan beberapa awaknya, katanya. Perahu keempat lolos.

Maersk Hangzhou mengeluarkan seruan daruratnya setelah kapal tersebut ditembaki oleh kapal Houthi, yang berada sedekat 20 meter dan juga mencoba menaikinya, kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Saat helikopter AS merespons, mereka juga ditembaki oleh kapal Houthi, sehingga mendorong mereka membalas tembakan, tambah pernyataan CENTCOM.

Ini adalah serangan kedua yang diduga dilakukan Houthi di Maersk Hangzhou dalam waktu kurang dari 24 jam. Pada Sabtu malam, CENTCOM mengatakan pihaknya menembak jatuh dua rudal balistik yang ditembakkan oleh Houthi sebagai respons terhadap serangan rudal terpisah di Maersk Hangzhou.

Setelah serangan tersebut, raksasa pelayaran global Maersk, yang memiliki kapal tersebut, mengatakan pihaknya menghentikan operasinya di Laut Merah selama 48 jam, menyoroti berlanjutnya ancaman terhadap kapal komersial di wilayah tersebut.

Kelompok Houthi belum mengomentari insiden tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button