Home

Per Tanggal 1 Januari 2024, Masyarakat Ketika Beli Gas LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP

INFOSUKABUMIUPDATE.com – Mulai tanggal 1 Januari 2024, pembelian gas LPG subsidi ukuran 3 kg hanya dapat dilakukan oleh konsumen yang telah terdaftar dalam aplikasi merchant Pertamina. Keputusan ini telah diumumkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) beberapa waktu lalu, sambil memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mendaftar melalui agen resmi.

“Prosedurnya cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di penyalur atau pangkalan resmi,” ungkap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, dalam pernyataan pers pada Selasa, 19 Desember 2023.

Dikutip dari tempo.co, Tutuka menjelaskan bahwa pendataan konsumen gas LPG 3 kg dilakukan guna memastikan subsidi ini tepat sasaran. Proses pendataan telah berlangsung sejak 1 Maret hingga 31 Desember 2023. Hingga November 2023, Tutuka mengungkapkan bahwa sudah terdapat 27,8 juta konsumen gas LPG 3 kg yang melakukan transaksi melalui aplikasi merchant Pertamina atau di penyalur/pangkalan resmi.

Lebih lanjut, Tutuka menyampaikan bahwa sasaran penerima subsidi gas LPG 3 kg mengacu pada data gabungan Program Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Estimasinya mencakup sekitar 47 juta rumah tangga atau sekitar 160 juta Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Tutuka juga menekankan bahwa proses pendataan konsumen gas LPG 3 kg tidak akan menghambat penyaluran gas tersebut ke masyarakat. Layanan akan tetap optimal seperti sebelumnya. Namun, ia menegaskan bahwa pendataan hanya dilakukan di agen resmi dan tidak termasuk warung pengecer.

“Tidak ada pembatasan, namun setiap pembeli gas LPG 3 kg harus sudah terdaftar,” ujarnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button