Home

Perjalanan Budaya Warisan Budaya Indonesia Foundation

JAKARTA,infosukabumiupdate – (WBIF) mengadakan perjalanan budaya ke kota Solo dari tanggal 8 Juni hingga 10 Juni 2023. Kota Solo dipilih sebagai tujuan karena memiliki kekayaan budaya yang melimpah dan menjadi pusat industri batik nasional.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Divisi Pelestarian WBI, bekerja sama dengan Divisi Kuliner, Divisi Anak Muda, dan Divisi Humas. Dalam perjalanan budaya ini, WBIF mengunjungi beberapa rumah batik legendaris di Solo, seperti Rumah Batik Go Tik Swan, Rumah Batik Ny Hartini, dan Rumah Batik Danar Hadi.

Go Tik Swan, juga dikenal sebagai KRT Hardjonagoro, merupakan seorang budayawan dan sastrawan Indonesia yang tumbuh dalam keluarga pengrajin batik di Solo. Go Tik Swan terkenal karena hubungannya yang dekat dengan Presiden Pertama RI, Sukarno, yang menginspirasinya untuk menciptakan Batik Indonesia.

Motif-motif batik Go Tik Swan seperti Sawung Galing, Pisan Rama, dan Parang Megakusumo masih populer hingga saat ini. Rumah batik lainnya adalah Rumah Batik Ny Hartini yang terkenal dengan kehalusan pembuatannya. WBIF juga mengunjungi Museum Batik Danar Hadi dan Pabrik Danar Hadi untuk melihat dan mencoba langsung proses pembuatan batik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button