Kesehatan

Tips Tidur Siang Menyegarkan dan Bermanfaat, Tak Khawatir Kebablasan

infosukabumiupdate– Tidur siang sangat disarankan sebab banyak manfaatnya. Ada beberapa tips agar Anda bisa memaksimalkan tidur siang.
Meski cuma sebentar, Anda tidak boleh menyepelekan tidur siang. Melansir dari Mayo Clinic, manfaat tidur siang meliputi relaksasi, mengurangi kelelahan, meningkatkan fokus, mood dan performa saat bekerja.

Hanya saja, cara tidur siang yang kurang tepat malah bikin orang tidur terlalu lama. Bukan manfaat, justru tidur siang bawa efek negatif termasuk sleep inertia (disorientasi saat bangun) dan susah tidur di malam hari.

Oleh karenanya, berikut beberapa tips agar tidur siang optimal dan bermanfaat tanpa kebablasan.

1. Cukup 10-20 menit
Jaga tidur siang tidak terlalu lama yakni cukup 10-20 menit. Semakin lama Anda tidur, semakin tubuh tidak nyaman saat terbangun. Yang lebih buruk, Anda akan mengalami sleep inertia dan sulit fokus kembali.

Sebaiknya pasang alarm sebelum tidur agar tidur tidak terlalu lama. Dilansir dari Sleep Foundation, jaga agar tidur maksimal selama 30 menit.

Sementara itu, dalam kasus tertentu, orang bisa tidur siang selama 1,5 jam. Tipe tidur siang ini disarankan buat mereka yang bekerja shift malam atau bekerja di unit gawat darurat untuk menghindari kelelahan.

2. Tidur sebelum jam 3 sore
Waktu terbaik untuk tidur siang adalah sebelum jam 3 sore. Waktu tidur di atas jam 3 sore hanya akan membuat tidur malam terganggu.

Waktu ini juga dirasa pas sebab biasanya timbul rasa kantuk setelah makan siang dan tingkat konsentrasi menurun.

3. Lingkungan yang mendukung
Tidur yang baik memerlukan lingkungan tidur yang baik pula sehingga menghindari terbangun tiba-tiba.

Buat mereka yang bekerja dari rumah (WFH), kamar jelas lokasi yang ideal. Tutup jendela untuk mengurangi cahaya yang masuk. Kemudian nyalakan white noise untuk menciptakan suasana tenang.

Jika bekerja di kantor, tidur di meja kerja tak jadi soal. Cukup siapkan penutup mata (eye mask) dan earplug untuk mengurangi distraksi.

4. Coba minum kopi
Caffeine naps sah saja dilakukan. Anda cukup minum kopi sebelum tidur kemudian bisa terbangun dengan tubuh yang segar.

Kafein tidak langsung memberikan efek buat tubuh. Perlu waktu sekitar 30 menit hingga kafein bekerja. Minum kopi atau teh sebelum tidur akan memberikan waktu buat kafein bekerja dan saat bangun Anda sudah merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button